Tips Merawat Baterai MacBook Pro

| 3 komentar
Anda pengguna MacBook Pro ? ada baiknya menyimak tulisan Cara/Tips Merawat Baterai MacBook dan MacBook Pro berikut ini. Dikarenakan penulis hanya memiliki MacBook Pro, jadi tulisan ini hanya sekedar share pengalaman tentang merawat baterai MacBook Pro.

Akan tetapi untuk merawat baterai MacBook dan type mac lainnya, penulis menyakini tidak jauh berbeda, bahkan mempunyai kesamaan cara merawat baterai tersebut.


Jika dibandingkan dengan Laptop/Notebook biasa yang bukan produk Apple, Macbook dan atau MacBook Pro memiliki perlakuan yang berbeda. Karena itulah, Merawat Baterai MacBook Pro sangat dianjurkan.

Untuk pengguna MacBook, terlebih dahulu anda diharuskan mengenal istilah Cycle Count dan Battery Health. Cycle count adalah jumlah cycle yang sudah digunakan. Battery Health menunjukkan kapasitas yang dapat ditampung battery.

Lalu bagaimana cara melihat cycle count baterai MacBook Pro ? Tidaklah sulit untuk anda lakukan jika sekedar melihat berapa jumlah cycle sudah anda gunakan. Berikut ini cara menghitung Cycle Count battery MacBook Pro disadur dari makemac.com
Misalnya kondisi battery sekarang adalah 30%, kemudian dicharge sampai 100%. Kemudian battery tersebut digunakan sampai sisa 50%. Dan battery tesebut dicharge lagi sampai 100%. Dengan demikian, charge yang dilakukan adalah 70% + 50% = 120%. Seperti yang sudah dijelaskan, satu cycle count adalah satu kali 100% charge. Sehingga battery tersebut baru mengalami 1.2 cycle.

Tips Merawat Baterai MacBook Pro Agar Tahan Lama:

  • Matikan wirreles MacBook anda jika memang tidak ada koneksi wirreles, karena jika dibiarkan hidup maka akan melakukan scanning dan ini membutuhkan daya baterai Mac anda.
  • Turn off Bluetooth: Jika sedang tidak membutuhkan koneksi bluetooth maka sebaiknya anda mematikan nya.
  • Eject DVD/CD yang ada dalam cd room anda, karena dengan berdiam didalam maka akan selalu dibaca oleh finder dan aplikasi pemutar dvd/cd.
  • Reduce screen brightness : Turunkan kecerahan cahaya pada macbook anda karena semakin tinggi tingkat kecerahan akan semakin besar daya yang dibutuhkan.
  • Turn down/off the backlit keyboard: jika penerangan dalam ruangan tempat anda menggunakan macbook maka sebaiknya anda mematikan backlit keyboard anda.
  • Turn down volume or use headphones: jika anda mendengarkan music sambil menggunakan MacBook untuk hal lain maka ada baiknya anda menggunakan headphones karena headphones membutuhkan daya yang sedikit dibanding speaker internal macbook anda.
  • Run fewer applications at once/turn off unneeded applications : Jalankan aplikasi yang dibutuhkan saja dan segera tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan agar tidak membebani kinerja ram dan secara otomatis memakan daya baterai.
  • Jagalah suhu battery tetap rendah karena suhu yang tinggi dapat mengurangi battery health secara signifikan. Anda bisa menggunakan MacBook di ruangan yang dingin ketika menjalankan aplikasi yang CPU intensive.
  • Lakukan kalibrasi setiap 2 bulan sekali untuk mengetahui kapasitas battery sebenarnya. Mengenai kalibrasi akan dijelaskan di bagian selanjutnya.
  • Simpan dalam kondisi sisa battery 50% untuk penyimpanan lama untuk mencegah penurunan battery health. Biasanya battery akan dicabut untuk penyimpanan lebih dari beberapa minggu.

Pernahkah Anda menggunakan MacBook dan tiba-tiba mati pada saat battery mencapai 16%? Hal itu mungkin terjadi karena informasi yang terdapat pada battery salah. Sehingga diperlukan kalibrasi untuk mengetahui kapasitas sebenarnya. Dan kadangkala battery yang menunjukkan battery health 90% belum tentu benar.

Lalu bagaimana cara kalibrasi baterai MacBook Pro yang baik dan benar ? berikut akan kami sampaikan beberapa tips kalibrasi baterai mac sesuai pengalaman penulis.

Cara Kalibrasi Baterai MacBook Pro:

  1. Charge battery sampai indikasi di layar atau icon battery menujukkan penuh/fully charged.
  2. Biarkan battery dalam kondisi fully charged minimal 2 jam. Anda boleh menggunakan MacBook selama battery masih dalam keadaan charging.
  3. Lepaskan colokkan dengan keadaan MacBook masih nyala dan gunakan battery tersebut. Anda boleh menggunakan MacBook pada saat ini.
  4. Gunakan MacBook dalam keadaan tersebut sampai MacBook sleep karena kehabisan battery. Abaikan pesan baterai habis, dan lanjutkan memakai macbook anda sampai macbook anda kehabisan daya. Macbook anda akan masuk ke mode sleep. Jangan lupa untuk menyimpan dokumen yang sedang dikerjakan sebelum mac mati.
  5. Biarkan battery dalam kondisi sleep minimal 5 jam.
  6. Charge sampai full. Ketika baterai telah di charge sampai penuh maka baterai MacBook Pro anda telah sukses di kalibrasi.
Nah cukup mudah bukan ? Kalo anda sering menggunakan macbook, setidak nya 2 bulan sekali melakukan kalibrasi baterai MacBook Pro anda. Kalau anda melakukan kalibrasi baterai mac, anda akan bisa melihat kapasitas health baterai yang sebenarnya. Apple sendiri sudah menyatakan, hal seperti ini wajar dan tidak bisa dihindari. Cuma yang bisa kita lakukan ya meminimalisir cycle count baterai Mac itu sendiri.

Semoga artikel Tips OS X tentang Tips Merawat Baterai MacBook Pro kali ini berguna bagi anda sebagai pengguna Mac

3 comments

Khairullah Ramadhan | June 5, 2013 at 3:20 PM

Assalamualaikum..
maaf gan, ane mau tanya , kalau seandainya kita lagi main macbook lalu tiba" mac kita ke restart .. itu kenap ya ? tolong bantuannya dong gan..

Nissa | June 9, 2013 at 11:11 AM

pantesan gan, akhir2 ini ane tuh suka macbook buat ngerjain tugas disekolah malah batrenya jadi gak awet kayak dulu2. ternyata suhu sekitar juga ngaruh ya gan-_- nice info, thx gan.

Monic Tere | March 11, 2017 at 12:30 PM

yukk cek Zapplerepair di google ...
Zapplerepair Apple dan Smarphone specialist
telp: 087788855868
website: http://indonesia.zapplerepair.com/
DEMAK KENDAL SEMARANG UNGARAN

Post a Comment