Cara Untuk Optimalkan Kinerja Mac OS X

| 1 komentar
OS X
Tips OS X kali akan membagikan cara mengoptimalkan Mac OS X pada macbook pro ataupun optimasi pada mac lainnya. Seperti kita ketahui Mac OS X berjalan pada sistem file yang secara otomatis men-defragments dan mengoptimalkan itu sendiri.

Mac OS X sangat berbeda jauh dari Windows. Cara instalasi program di mac misalnya, hanya membutuhkan cara yang sederhana, cukup drag n drop dari aplikasi DMG (image file) ke folder “Applications” sudah selesai.


Apakah anda pernah merasakan tiba-tiba Mac anda merasa lamban dan kurang responsif ? Untuk Mac sendiri, gejala yang paling sering dan populer adalah kursor berputar saat menunggu. Atau malah safari tiba-tiba hang, Kalau pernah, berarti anda sudah saatnya mengoptimalkan kinerja mac anda.

Memaksimalkan Macbook Pro atau Mac OS X lainny dengan meng-upgrade hardware adalah cara yang sederhana untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sebagian besar ini melibatkan hard disk yang cepat, berkapasitas besar atau dengan menambahkan lebih banyak memori.

Akan tetapi, sebagai pengguna Mac tidak semuanya bisa dengan seenaknya memaksimalkan kinerja mac dengan meng-upgrade hardware-nya. Bagi Mac user yang minim dana, mungkin yang diperlukan Mac adalah perawatan.

Berikut adalah beberapa tips mengoptimalkan Mac OS X untuk menjaga sistem OS X berjalan dengan lancar dan sehat.

1. Optimasi Mac Dengan Tidak Menyimpan Aplikasi Sampah

Coba lihat aplikasi OS X yang sudah terinstall di Mac Anda. Apakah semua aplikasi OS X dipakai semua ? Kalau tidak tidak usah mikir dua kali, uninstall aplikasi-aplikasi tersebut dengan App Cleaner agar bisa memastikan tidak ada data tersisa.

2. Optimasi Mac OS Dengan Melangsingkan Aplikasi

Maksud dari melangsingkan aplikasi adalah setiap aplikasi OS X biasanya terdiri dari dua arsitektur kode untuk akomodasi OS versi lama. Jadi sebenarnya aplikasinya hanya membutuhkan salah satu kode. Untuk membuang kode yang tidak dibutuhkan tersebut, gunakan xSlimmer.

3. Mengoptimalkan Mac OS X Dengan Membatasi Penggunaan Widgets

Kerja dengan dashboard di Mac adalah suatu kemanjaan tersendiri. Tetapi tahukah anda, setiap widgets yang dipasang di dashboard akan mengambil resource memory mac anda ? Serba salah memang. Namun anda jangan kuwatir, karena anda bisa membatasi penggunaan widget atau mematikan Dashboard apabila tidak membutuhkannya adalah salah satu cara memaksimalkan kinerja macbook.

4. Mengoptimalkan Mac Dengan Membersihkan Harddisk

Sekali-kali luangkan waktu anda untuk memperhatikan data yang tersimpan di Hardisk. Apakah semua data tersebut masih dibutuhkan semua ? Kalau memang sudah tidak dibutuhkan, hapus saja, kalau merasa sayang untuk dihapus simpanlah di external harddisk. Usahakan untuk memberi ruang untuk proses index spotlight tidak berat.

5. Update dan Maintenance Untuk Optimalkan Mac

Selalu pastikan aplikasi yang Anda pakai adalah versi terbaru dengan App Fresh. Setelah itu, gunakan Onyx untuk maintenance setiap 1-2 bulan terhadap komputer Anda.

6. Cara Mengoptimalkan Mac Dengan Mengurangi Startup Item

Kinerja Mac melambat salah satu sebabnya adalah banyaknya startup item di mac os x kita. Untuk itu, periksalah startup item di Mac OS X dengan cara pergi ke System Preferences->Accounts->Login Items dan hapus aplikasi yang tidak diinginkan dijalankan ketika startup. Batasi hanya beberapa aplikasi untuk performa Mac yang optimal.

Semoga Tips dan Triks OS X tentang Cara Optimalkan Kinerja Mac OS X ini bisa berguna bagi Mac User, paling tidak bisa membantu pengingat penulis sendiri :D.

1 comment

alfha | December 28, 2014 at 6:22 AM

terima kasih banyak ilmunya.. :-)

Post a Comment