Fitur Terbaru OS X 10.8 Mountain Lion

| 1 komentar
Baru-baru ini Apple telah meluncurkan sistem operasi terbaru OS X Mountain Lion. OS ini sudah ditunggu-tunggu setelah dirilnya OS X Mountain Lion versi developer preview beberapa bulan lalu.

Kabar baiknya, Apple memangkas harga Mountain Lion menjadi $19 (sekitar 200 ribuan) dari lion yang di bandrol $29. Namun yang tidak enaknya, anda harus menyiapkan bandwith yang berlimpah karena OS X Mountain Lion sebesar 4 GB.


Mountain Lion, Sistem operasi terbaru untuk Mac ini memuat lebih dari 200 fitur baru bila dibandingkan dengan OS X Lion. Dengan OS X Mountain Lion, Mac Anda akan terintegrasi dengan iOS devices yang Anda miliki. Reminders, Notifications, Twitter, Messages, Notes, dan Game Center semua akan tersedia di OS X Mountain Lion dan tersync dengan iOS devices yang Anda miliki dengan bantuan iCloud. Berikut kami berikan sejumlah fitur unggulan yang terdapat di OS X Mountain Lion:

iCloud
Setelah sebelumnya diimplementasikan di iOS devices, sekarang Mac juga mendapatkan fitur iCloud. Dengan iCloud, Anda hanya perlu melakukan sign in satu kali dan seterusnya seluruh aplikasi yang menggunakan iCloud akan tersync di Mac, iPad, iPhone, dan iPod touch Anda. Jadi jika Anda menulis sesuatu di reminder pada iPhone Anda, maka seketika itu juga reminder tersebut akan tersedia di Mac Anda.

Reminders
Sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk mencatat to-do list Anda. Bahkan Anda bisa menentukan kapan dan dimana alarm akan berbunyi pada iPhone atau iPad Anda untuk mengingatkan untuk melakukan tugas tertentu.

Notes
Aplikasi ini memungkinkan kita mencatat apa saja, baik itu ide baru, nomor telepon kolega, ataupun risalah rapat dengan cepat. Apabila ada catatan penting, Anda bisa melekatkannya di layar desktop Anda sehingga mudah untuk diakses. Notes juga mendukung foto dan attachment.

Messages
Kini iMessage datang ke Mac dan Anda kini bisa mengirim pesan ke pengguna iPhone, iPad, dan iPod touch yang terinstal iOS 5. Anda bisa memulai percakapan di Mac, dan meneruskannya di iPad seraya Anda meneruskan perjalanan ke tempat aktivitas Anda.

Notification Center
Sama seperti versi iOS-nya, Notification Center merupakan sebuah konsol yang mengumpulkan seluruh notifikasi Anda: email baru, software update, deadline di calendar, dll.

Power Nap
Fitur ini adalah fitur yang memungkinkan Mac tetap bekerja ketika Anda beristirahat. Ketika Mac tidak digunakan, dia akan secara otomatis melakukan update Mail, Contacts, Calendar, Reminders, Notes, Photo Stream, Find My Mac, dan Documents. Jika Anda menghubungkan Mac dengan sumber listrik, dia bahkan akan melakukan software update dan backup ke Time Machine.

Integrasi Facebook dan Twitter
Di OS X Mountain Lion, Facebook dan Twitter akan terintegrasi sehingga Anda akan dengan mudah melakukan status update langsung di aplikasi yang sedang Anda gunakan.

AirPlay
Dengan bantuan Apple TV, layar Mac Anda kini bisa ditampilkan di HDTV yang Anda miliki di rumah.

Karena ada beberapa feature Mountain Lion yang membutuhkan teknologi terkini, sebut saja kartu grafis yang mumpuni, bukan hanya itu OS X mountain lion dibilang meminta lebih dibanding OS X Lion, diantaranya mac anda harus seperti dibawah ini :

Basic System Requirements for OS X Mountain Lion
  • 64-Bit Intel Core 2 Duo processor or better required
  • Ability to boot into OS X 64-bit kernel
  • Advanced GPU chipset required
  • Internet connection required to download and install OS X 10.8
untuk mengetahui Mac anda bisa menjalankan 64-bit kernel adalah dengan mengetikan “uname -a” pada terminal os x anda. jika hasilnya seperti dibawah ini berarti mac anda bisa diinstall OS X mountain Lion.
Darwin MacBook.local 11.4.0 Darwin Kernel Version 11.4.0: Mon Apr 9 19:33:05 PDT 2012; root:xnu-1699.26.8~1/RELEASE_X86_64 x86_64
pada baris “x86_64″ itu menandakan mac anda bisa mnjalankan 64-bit kernel. kalau hasilnya cuma “i386″ berarti mac anda cuma bisa menjalankan kernel 32-bit.

Macs yang masih disupport OS X 10.8 Mountain Lion
  • MacBook Pro – 13″ from mid 2009 or later, 15″ from late 2007 and newer, 17″ from late 2007 and newer
  • MacBook Air – late 2008 and newer
  • iMac – models from mid 2007 and newer
  • MacBook – 13″ aluminum from 2008, 13″ from 2009 and newer
  • Mac Mini – early 2009 and newer
  • Mac Pro – early 2008 models and newer
  • XServe – early 2009 models and newer
Macs yang sudah tidak disupport OS X Mountain Lion
  • Anything with an Intel GMA 950 or x3100 integrated graphics card
  • Anything with an ATI Radeon X1600
  • MacBook models released prior to 2008
  • Mac Mini released prior to 2007
  • iMac models released prior to 2007
  • Original MacBook Air

1 comment

kristie65 | October 20, 2012 at 11:26 AM

Berarti Mountain Lion itu 64 bit ya Boss ?
Kalau Lion nya berapa bit Boss ?
MBP saya dengan OS Leopard tidak suport 64 bit, tapi saya ingin pindah ke versi yang lebih baru, kira2 di OS apa Boss ?
Terima kasih banyak atas bantuan dan tanggapannya.

Post a Comment